Sunday, 8 June 2014

MAKALAH WINDOWS 8

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang Windows 8.
Seiring perkembangan Teknologi canggih, para perusahan berlomba-lomba membuat OS terbaru. Giliran Perusahan Microsoft mengeluarkan OS terbarunnya. hanya beberapa bulan berselang semenjak peluncuran Windows 7 pada 22 Oktober 2009, Microsoft sedang mempersiapkan sistem operasi penggantinya. Rencana tersebut terungkap dari dokumen rahasia Microsoft yang bocor. Dokumen tersebut diduga dipublikasikan ke internet oleh Active Professional Partner Microsoft Francisco Martin Garcia. Dari dokumen rahasia yang berupa file presentasi itu diketahui bahwapengganti Windows 7 berkemungkinan besar akan diberi nama Windows 8. Target pasar dari Windows 8 pun berubah, seiring dengankemungkinan bahwa Cina akan menjadi target pasar nomor satu padatahun 2013 ini, mengingat kekuatan PC berharga murah seperti netbook akan terus berkembang. Internet Explorer 9 akan menjadi bagian dari Windows 8, meskipun kemungkinan besar akan meluncur ke pasaran terlebih dahulu sebelumWindows 8. Microsoft mengharapkan Windows 8 dapat ditargetkanmenjadi 3 tipe PC yang berbeda : Lap PC (berbagai netbook, tablet, dannotebook), Workhorse PC (berbagai PC untuk keperluan kerja), danFamilyHub PC (Berbagai PC untuk keperluan di rumah).
Tampilan awal Windows 8
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan di sampaikan oleh kelompok kami adalah sebagai berikut :
1. Pengertian Windows 8.
2. Sejarah pengembangan Windows 8.
3. Edisi Windows 8.
4. Kelebihan dan kekurangan serta fitur-fitur terbaru Windows 8.
7. Perbedaan windows 7 dengan windows 8.
C. Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini ialah untuk memenuhi tugas kelompok yang di berikan oleh dosen mata kuliah Sistem Operasi Komputer. Disamping itu penulis juga ingin mengetahui lebih dalam tentang Pengertian, sejarah perkembangan, Fitur-fitur terbaru, kelebihan dan kekurangan Windows 8 serta perbedaan dari versi windows sebelumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN WINDOWS 8
Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh. Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.
Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan di tampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik Microsoft pun kini telah mengeluarkan Windows 8 Enterprise yang memiliki fitur paling lengkap di antara versi Windows 8 lainnya, seperti layar mulai yang memiliki pilihan latar belakang yang lebih banyak dan penuh warna. Pada 29 Februari 2012 Microsoft juga telah merilis Versi Consumer Preview sebelum di keluarkannya versi beta pada bulan Maret 2012. Microsoft juga telah merilis Versi Release Preview , ini merupakan versi terakhir percobaan Windows 8, yang tidak akan di utak atik lagi jika tidak ditemukan bug yang terlalu besar.
B. SEJARAH WINDOWS 8
Pada kesempatan kali ini saya menyajikan mengenai perkembangan windows 8 sebagai windows terbaru keluaran perusahaan ternama yaitu Microsoft. Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.
Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan di tampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik Microsoft pun kini telah mengeluarkan Windows 8 Enterprise yang memiliki fitur paling lengkap di antara versi Windows 8 lainnya, seperti layar mulai yang memiliki pilihan latar belakang yang lebih banyak dan penuh warna.
Pada 29 Februari 2012 Microsoft juga telah merilis Versi Consumer Preview sebelum di keluarkannya versi beta pada bulan Maret 2012 Microsoft juga telah merilis Versi Release Preview , ini merupakan versi terakhir percobaan Windows 8, yang tidak akan di utak atik lagi jika tidak ditemukan bug yang terlalu besar.
Pengembangan Windows 8 sudah dimulai sebelum Windows 7 diluncurkan tahun 2009. Pada akhir Januari 2011, di Consumer Electronics Show (CES), Microsoft mengumumkan bahwa Windows 8 akan mendukung mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 dari Intel, AMD dan VIA Technologies. Tanggal 1 Juni 2011, Microsoft secara resmi meluncurkan antarmuka pengguna baru Windows 8 dan fitur-fitur tambahan lain di Taipei Computex 2011 di Taipei (Taiwan) yang dipresentasikan oleh Mike Angiulo dan di D9 conference in California (United States) by Julie Larson-Green and Microsoft’s Windows President Steven Sinofsky. Blog “Building Windows 8″ yang diluncurkan tanggal 15 Agustus 2011 memaparkan rincian fitur dan proses pengembangan Windows 8.
Microsoft mengungkap sejumlah fitur baru dan pembaruan terhadap Windows 8 pada hari pertama konferensi Build tanggal 13 September 2011. Microsoft merilis Windows 8 Developer Preview (build 8102) pada hari itu juga yang dilengkapi SDK dan peralatan pengembang (seperti Visual Studio Express dan Expression Blend) untuk mengembangkan dengan antarmuka baru Windows 8. Menurut Microsoft, Developer Preview diunduh 535.000 kali dalam kurun 12 jam pertama setelah diluncurkan. Awalnya ditetapkan kedaluwarsa tanggal 11 Maret 2012, pada Februari 2012 tanggal kedaluwarsa Developer Preview diundur hingga 15 Januari 2013.
Tiga peluncuran utama Windows 8 bocor ke publik. Milestone 1, Build 7850, bocor tanggal 12 April 2011.[16] Edisi salinan yang bocor tersebut adalah versi Enterprise. Milestone 2, Build 7955, bocor tanggal 25 April 2011. BSOD (Blue Screen of Death) lamanya digantikan oleh layar hitam baru yang kemudian tidak jadi disertakan. Build ini memperkenalkan UI Ribbon baru di Windows Explorer. Build 7959, dengan perubahan kecil tetapi merupakan versi 64-bit pertama, diluncurkan tanggal 1 Mei 2011. Logo “Windows 7″ sementara diganti dengan teks “Microsoft Confidential”. Tanggal 17 Juni 2011, build 7989 edisi 64-bit bocor.
Tanggal 13 September 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik di Konferensi Build Microsoft. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah sampel aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft. Windows Store tidak beroperasi di build ini. Build ini ditujukan pada pengembang yang ingin membuat aplikasi bergaya Metro.
Pada tanggal 29 Februari 2012, Microsoft meluncurkan Windows 8 Consumer Preview, versi beta dari Windows 8, build 8250. Untuk pertama kalinya sejak Windows 95, tombol Start tidak lagi muncul di taskbar, meski layar Start-nya masih harus dibuka dengan mengklik sudut kiri bawah layar dan tombol Start di kotak Charm. Presiden Windows, Steven Sinofsky, mengatakan bahwa lebih dari 100.000 perubahan dilakukan sejak Developer Preview diluncurkan. Sehari setelah diluncurkan, Windows 8 Consumer Preview diunduh lebih dari satu juta kali. Seperti Developer Preview, Consumer Preview dijadwalkan kedaluwarsa tanggal 15 Januari 2013.
Beberapa build lain juga diluncurkan sampai konferensi Japan’s Developers Day, ketika Steven Sinofsky mengumumkan bahwa Windows 8 Release Preview (build 8400) akan diluncurkan pada minggu pertama bulan Juni. Tanggal 28 Mei 2012, Windows 8 Release Preview (edisi Standard Simplified Chinese x64, bukan versi spesifik Cina, build 8400) bocor di sejumlah situs web Cina dan BitTorrent. Tanggal 31 Mei 2012, Windows 8 Release Preview diluncurkan ke publik oleh Microsoft.
Sejumlah fitur utama yang dimasukkan di Release Preview adalah aplikasi Sports, Travel, dan News, plus versi Flash Player yang terintegrasi dengan Internet Explorer. Seperti Developer Preview dan Consumer Preview, the Release Preview dijadwalkan kedaluwarsa tanggal 15 Januari 2013.
Pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 (build 9200) dirilis dengan nomor build 6.2.9200.16384 . Microsoft berencana mengadakan acara peluncuran pada 25 Oktober 2012 dan meluncurkan Windows 8 untuk publik keesokan harinya. Akan tetapi, sehari setelah RTM, salinan versi akhir Windows 8 Enterprise N (untuk pasar Eropa) bocor di Internet, dan beberapa hari kemudian baik versi IA-32 dan x64 Pro dan Enterprise sama-sama bocor. Tanggal 15 Agustus 2012, Windows 8 dapat diunduh untuk pelanggan MSDN dan TechNet. Windows 8 tersedia untuk pelanggan Software Assurance pada tanggal 16 Agustus 2012. Windows 8 tersedia untuk pelajar yang berlangganan DreamSpark Premium pada tanggal 22 Agustus 2012, lebih cepat daripada pengumumannya.
Microsoft memulai kampanye iklan Windows 8 dan tablet Surface-nya pada Oktober 2012 dengan iklan televisi pertamanya ditayangkan tanggal 14 Oktober 2012. Anggaran iklan Microsoft untuk sistem operasi ini sebesar US$1,5–1,8 miliar, menjadikan Windows 8 peluncuran produk terbesar sepanjang sejarah Microsoft.
C. EDISI WINDOWS 8 DAN PERBEDAANNYA
Sebelum mula membeli atau upgrade kepada versi Windows 8 anda perlu ketahui edisi yang sesuai untuk anda. Windows 8 di datangkan dengan empat edisi iaitu Windows 8 RT, Windows 8 Core, Windows 8 Pro dan Windows 8 Enterprise. Windows RT dibina khas untuk tablet manakala edisi selebihnya untuk PC, notebook dan netbook.
Berikut penjelasan secara ringkas mengenai edisi Windows 8 :
Windows 8 adalah edisi asal untuk pengguna yang menjalankan keseluruhan fungsi dekstop. Boleh dikatakan segala fungsi yang biasa pengguna gunakan di Windows terdapat pada Windows 8. Windows 8 tidak didatangkan bersama Microsoft Office 2013 seperti mana Windows RT.
Windows 8 PRO
Bagi mereka yang pakar dalam PC mahupun peniaga Pro merupakan pilihan terbaik. Windows 8 Pro megandungi segala apa yang terkandung pada Windows 8. Terdapat pelbagai fungsi tambahan antaranya seperti virtual PC, BitLocker, pegurusan PC dan penyambungan domain. .
Windows 8 Enterprise
Termasuk semua Windows 8 Pro punyai, tetapi lebih menjurus ke arah perusahaan dengan menyediakan perjanjian Jaminan Perisian. Ianya hanya dijual untuk syarikat yang menjalankan perniagaan besar.
Windows RT (Windows Runtime) merupakan edisi terbaru Windows yang mana ianya akan digunakan pada tablet dan laptop. Windows 8 RT direka khas untuk peranti ARM seperti tablet. Versi ini tidak boleh dbeli secara berasingan, kerana ianya sedia dipasang pada tablet dan laptop. Windows 8 RT hanya akan menjalankan perisian yang tersedia melalui Windows Store dan program yang sedia ada didalam Windows termasuk Microsoft Office 2013.
PERBEDAAN EDISI WINDOWS 8
A. “Jika Anda melakukan banyak dengan komputer Anda, termasuk menonton acara TV dan film, maka Anda mungkin bisa memilih Windows 8 Pro.”
Edisi ini akan mencakup seluruh user interface yang baru yang disebut “Metro UI”, anda mungkin juga telah melihat semua screenshot dari Metro UI yang artistik ini. Selain itu, edisi ini juga mendukung Windows Media Center, sistem seperti Microsoft TiVo yang memungkinkan Anda untuk menghentikan sementara dan merekam siaran TV yang mungkin di Indonesia fitur ini sedikit tidak berguna karena kecepatan koneksi internet yang masih belum mumpuni. Ada beberapa fitur tambahan yang menurut saya high-end, seperti kemampuan untuk boot dari hard drive virtual. Edisi ini adalah pilihan yang baik untuk laptop maupun desktop yang akan anda gunakan untuk seluruh kebutuhan entertainment di dalam rumah,.. :)
B. “Jika Anda sedang mencari komputer dengan fitur dasar untuk update web, email, dan Microsoft Office, maka mungkin Anda bisa memilih Windows 8 Core. “
Edisi ini juga memiliki user interface yang baru. Sebenarnya Windows 8 Core hampir identik dengan Windows 8 Pro kecuali fitur WMC nya dan tidak bisa boot dari hard drive virtual. Jika di dalam rumah anda terdapat beberapa mesin komputer, maka edisi ini adalah pilihan yang tepat.. :)
C. “Jika Anda menyukai kesederhanaan fitur dari tablet, maka mungkin Anda bisa memilih Windows RT. “
Perbedaan antara RT dan versi lainnya adalah versi RT tidak akan dapat menjalankan program Windows yang sudah uzur. Sebaliknya, edisi ini didesain untuk menjalankan aplikasi yang dapat didownload melalui Windows Store. Spesifikasi komputer minimal yang dapat menjalankan RT, sudah pasti tidak akan dapat menjalankan versi Windows 8 yang lain, sehingga jika anda hanya ingin menginstall Windows 8 pada tablet anda, maka edisi ini adalah pilihan yang tepat… :)
D. “Jika Anda membutuhkan sistem komputerisasi untuk perusahaan skala menengah hingga keatas atau mungkin hobi IT yang membutuhkan keamanan data, maka mungkin Anda bisa memilih Windows 8 Enterprise “
Edisi ini adalah edisi yang paling lengkap dari seluruh edisi Windows 8. Di dalam edisi ini, terdapat fitur Remote Desktop yang dapat membuat Anda melihat dan mengendalikan komputer lain (atau sebaliknya) untuk memberikan demonstrasi atau dalam penyelesaian suatu masalah. Pada bisnis, biasanya diperlukan enkripsi data yang dapat dijalankan oleh fitur AppLocker, alat enkripsi bawaan. Tetapi edisi ini sebenarnya diperuntukkan bagi bisnis yang menangani kapasitas besar, multi-komputer yang bekerja sama dengan Microsoft, bukan untuk konsumen rumah tangga. Jadi kesimpulannya, jika anda memiliki sebuah perusahaan besar yang membutuhkan kinerja multi-komputer atau membutuhkan keamanan data, maka edisi ini adalah pilihan yang tepat,. :)
Berikut perbedaan edisi Windows 8 yang lebih lengkap :
Feature name Windows 8 Windows 8 Pro Windows RT
Upgrades from Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium √ √
Upgrades from Windows 7 Professional, Ultimate √
Start screen, Semantic Zoom, Live Tiles √ √ √
Windows Store
√ √ √
Apps (Mail, Calendar, People, Messaging, Photos, SkyDrive, Reader, Music, Video) √ √ √
Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, OneNote) √
Internet Explorer 10 √ √ √
Device encryption √
Connected standby √ √ √
Microsoft account √ √ √
Desktop √ √ √
Installation of X86/X64 and desktop software √ √
Updated Windows Explorer √ √ √
Windows Defender √ √ √
SmartScreen √ √ √
Windows Update √ √ √
Enhanced Task Manager √ √ √
Switch languages on the fly (Language Packs) √ √ √
Better multiple monitor support √ √ √
Storage Spaces √ √
Windows Media Player √ √
Exchange ActiveSync √ √ √
File history √ √ √
ISO / VHD mount √ √ √
Mobile broadband features √ √ √
Picture password √ √ √
Play To √ √ √
Remote Desktop (client) √ √ √
Reset and refresh your PC √ √ √
Snap √ √ √
Touch and Thumb keyboard √ √ √
Trusted boot √ √ √
VPN client √ √ √
BitLocker and BitLocker To Go √
Boot from VHD √
Client Hyper-V √
Domain Join √
Encrypting File System √
Group Policy √
Remote Desktop (host) √
D. KELEBIHAN FITUR DARI WINDOWS 8
1. Touchscreen Support
Windows 8 adalah sistem operasi yang didesain hibrid oleh Microsoft. Sepertinya sejak awal Microsoft pun sudah mempersiapkan beberapa produknya untuk bisa beradaptasi dengan teknologi layar sentuh, misalnya saja ribbon style yang hadir di Office 2007, kemudian di Office 2010 dan Office 2013 perubahan antarmuka ini semakin kentara dengan tombol yang besar-besar, flat, dan dapat diakses langsung tanpa beberapa kali klik.
2. Metro User Interface
Windows 8 hadir dengan tema Metro Style, coba anda perhatikan tanda-tanda yang ada di Airport atau Stasiun kereta api, pasti mirip dengan icon-icon yang ada di Windows 8 gayanya. Tampilan Metro ini identik dengan warna yang kontras antara ikon dengan latar belakangnya, bentuknya simpel, dan tidak terlalu banyak warna-warna eyecandy.
3. Apps (Mail, Messaging, SkyDrive, Reader, Music, People)
Windows 8 juga sudah dipersiapkan untuk penyimpanan di cloud misalnya hadirnya SkyDrive, selain itu juga dilengkapi builin fitur untuk layanan email, chatting dengan Messaging, news reader dengan Reader, Music dan juga People yang bisa konek ke Social media seperti facebook.
4. Start Screen, Semantic Zoom, Live Tiles
Terilhami dengan start screen yang ada pada perangkat tablet atau smartphone terkini, Windows 8 kini hadir juga dengan Start Screen, anda mesti menggeser layar ini dulu untuk login. Kalau pake mouse agak bingung sebenarnya, tapi kalau pake komputer yang mendukung layar sentuh lebih enak.
Semantic Zoom juga diinject-kan ke dalam OS ini sehingga user bisa menzoom-out layar untuk mencari aplikasi lebih cepat.
Kemudian Live Tiles juga dibenamkan di OS ini sehingga informasi terupdate dari aplikasi yang terinstall seperti informasi cuaca, notifikasi email, jam, kalender, atau nilai pergerakan saham atau status terbaru dari teman-temanmu bisa langsung tampil pada icon aplikasi yang ada di Start Screen.
5. Windows Store
Bagaimana dengan Windows App Store sendiri? Fitur ini akan menyediakan cara yang terpercaya bagi para konsumer untuk menemukan, atau bahkan membeli, berbagai aplikasi dari Windows 8.Kebanyakan dari aplikasi tersebut adalah web applications, yang akan menggabungkan teknologi dari web dengan teknologi Windows yangakan memberikan pengalaman yang berbeda bagi penggunanya. Aplikasiini akan menyediakan kemudahan dalam pencarian dan peng-install-an,berintegrasi dengan berbagai social network yang tersedia, juga proses distribusi dan monetisasi yang fleksibel. Windows 8 diharapkan dapat mempermudah proses back-up yangakan lebih otomatis tanpa perlu keterlibatan penggunanya lebih banyak.Proses resume setelah proses stand-by juga akan dibuat jauh lebih cepat,bahkan nyaris instan.
6. Connected Standby
Ramah energi dan hemat baterai adalah salah satu yang dikejar oleh OS tablet, begitu pula dengan Windows 8. Tidak seperti Windows 7 atau Windows yang sebelumnya, fitur Connected Standby ini diklaim sebagai Very Ultra Idle Power oleh Microsoft alias benar-benar hanya mengkonsumsi sedikit sekali energi saat komputer dalam keadaan idle, namun tetap Connected sehingga segala informasi terbaru juga tetap terupdate di aplikasi. Sebut saja misalkan ada aplikasi facebook atau twitter di Windows 8, kemudian anda tinggal tidur atau kemana, begitu anda kembali dan menyalakan PC atau tablet Windows 8 maka informasi tersebut akan langsung terupdate.
7. Microsoft Account
Windows 8 juga sudah dilengkapi dengan Microsoft Account, otomatis para pengguna Windows akan memiliki account ini agar bisa terkonek ke Windows Store. Dengan Microsoft Account, maka kamu bisa mengupdate aplikasi terbaru secara otomatis.
8. Enhanced Task Manager
Di Windows 8 fitur Task Manager semakin ditingkatkan, sehingga kamu bisa lebih banyak tahu apa yang berjalan di Windows 8. Tampilan awal Task Manager dibuat lebih simpel tetapi ada tombol Detail yang apabila diklik maka akan tampil tabel yang lebih detail tentang proses yang sedang running.
9. Language Packs
Windows 8 juga hadir dengan berbagai bahasa, sebenarnya fitur ini sudah ada di versi sebelumnya, hanya saja di Windows 8 fitur ini semakin disempurnakan. Bahasa Indonesia pun juga sudah ada.
10. Better Multiple Monitor Support
Fitur multiple Monitor juga sudah hadir sebelumnya di Windows XP atau Windows 7, tetapi di Windows 8 fitur Multiple Monitor ini lebih dimanage dengan baik oleh Microsoft, sehingga kegiatan multitasking user bisa lebih baik lagi. Misalnya saja kamu punya 3 monitor, satu monitor bisa diatur untuk tampilan Start Screen Metro, satu monitor kamu pakai untuk baca buku dan diatur Portrait, satu monitor lagi kamu pakai landscape untuk mengetik atau nonton film layar lebar.
11. Storage Spaces
Sebelum hadirnya Storage Spaces di Windows 8, Microsoft memiliki teknologi yang dikenal dengan nama Drive Extender yang ada pada Windows Home Server. Dengan teknologi ini seandainya saja di komputermu terinstall 2 atau 3 atau 4 harddisk, maka Windows bisa mengganggapnya sebagai satu kesatuan harddisk, menjadi satu harddisk besar.
Teknologi ini cocok buat user yang punya segudang data besar sehingga tidak pusing dengan media penyimpanan. Misalnya saja harddisk pertama sisa 500 MB kemuian harddisk kedua ternyata sisa 2 GB terus harddisk ketiga sisa 3 GB, tapi kamu mau install game terbaru yang butuh space 4 GB misalnya. Kalau pakai teknologi biasa maka harddiskmu tidak ada yang muat, tetapi dengan teknologi ini maka game tersebut tetap bisa diinstall.
Teknologi Drive Extender ini tidak lama ditarik oleh Microsoft, tetapi kemudian di Windows 8 teknologi ini hadir kembali dengan nama Storage Spaces. Dari namanya sebenarnya biasa saja tapi fungsinya ternyata istimewa.
12. Installation of x86/64 and Desktop Software
Generasi sebelum Windows 8 terkenal dengan x86/64, namun dengan setelah hadir Windows 8, Microsoft seperti membuat platform baru untuk aplikasi sehingga membuat developer mesti adaptasi lagi. Untuk itu di Windows 8 hadir fitur ini, yang memungkinkan user menginstall aplikasi-aplikasi yang sebelumnya bisa jalan di Windows XP atau Windows 7.
13. Windows Media Player
Maaf sebelumnya tapi ternyata di Windows 8, Windows Media Player tidak ikut serta dalam satu paket saat installasi. Fitur Windows Media Player Tidak Ada adalah fitur terbaru di Windows 8. Tetapi begitu kamu membuka Windows Store, disana ada aplikasi Windows Media Player yang tersedia gratis, tinggal download dan install. Saya pikir Microsoft berusaha tidak mengulangi kesalahannya yang dulu, karena di Eropa sempat digugat dengan tuduhan memonopoli akibat adanya Windows Media Player yang mengakibatkan vendor software multimedia sepertinya sulit bersaing.
14. ISO/VHD mount
Fitur ini dulu tidak ada di Windows XP atau Windows 7, biasanya kalau mau me-mount file ISO atau VHD (Virtual Hard Drive) mesti menggunakan software khusus. Di Windows 8 fitur ini disediakan gratis. Dengan fitur ini kamu bisa mengcopy sebuah DVD dalam format ISO, kamu copot DVD-nya, kemudian kamu mount file ISO-tersebut dan kamu tetap bisa menonton isi DVD-nya
15. Exchange ActiveSync
Fitur ini berfungsi untuk sinkronisasi email atau kontak yang ada di server Exchange dengan aplikasi Mail bawaan Windows. Kalau dikomputermu tidak konek ke server Exhange fitur ini tidak terlalu bergna.
16. Mobile Broadband Features
Kalau kamu lagi di luar rumah atau kantor biasanya kamu konek ke Internet pakai apa, pasti biasanya pake Modem USB dengan kartu GSM di dalamnya. Windows 8 tampaknya juga sudah mempersiapkan diri dengan teknologi tersebut, dengan adanya fitur Mobile Broadband.
17. Refresh and Reset your PC
Apabila PC-mu sudah mulai terasa lebih lambat jalannya atau sering ngadat, biasanya solusi terakhir adalah install ulang Windows, solusi yang sama juga terjadi apabila PC-mu menjadi sarang virus dan malware, tidak ada jalan lain selain Install ulang Windows. Tampaknya hal itu juga yang mendasari hadirnya fitur ini. Fitur Refresh dan Reset PC ini baru ada di Windows 8. Fitur ini sebenarnya berbahaya kalau user makainya sembarangan.
Fitur Reset Your PC akan menghapus semua data aplikasi, setting dan personal data kemudian menginstall ulang Windows secara otomatis, pokoknya Windows akan dikembalikan ke kondisi pertama saat diinstall.
Sedangkan fitur Refresh your PC tidak akan menghapus data personal, aplikasi atau setting-nya, tetapi akan menginstall ulang Windows.
18. Snap
Untuk urusan User Interface memang Microsoft tidak ada matinya, Windows terbukti sukses karena banyak user yang gampang menggunakannya. Di Windows 8, hadir fitur Snap, yang bisa membuat aplikasi jalan secara berdampingan, dengan layar yang otomatis tersusun rapi. Fitur ini cocok apabila resolusi layarmu tinggi misalnya 1366×768
19. Secure Boot
Untuk meningkatkan security pada OS-nya, Windows 8 hadir dengan fitur Secure Boot. Titik lemah OS ada saat booting, apabila ada aplikasi lain atau malware yang mengganggu booting tersebut maka Windows tidak akan berjalan. Fitur ini akan mencegah hal itu, bahkan fitur ini juga akan mengakibatkan hanya OS Windows 8 saja yang berjalan meskipun di PC anda juga terinstall OS lain seperti Linux.
20. Internet Explorer 10
Belum lama saya mencoba Internet Explorer 9, di Windows 8 kini sudah hadir Internet Explorer 10. Internet Explorer 9 sendiri sudah mengalami peningkatan performance yang jauh lebih baik dari sebelumnya, terutama dari segi rendering yang semakin cepat, mesin javascript yang jauh lebih cepat. Hadirnya Internet Explorer 10 semakin meramaikan persaingan browser yang semakin sengit. Di IE 10 bahkan kamu bisa menjalankan game berbasis javascript dengan smooth.
21. Cloud Services
Zaman sekarang kita sudah memasuki era Cloud Computing, data yang ada di Smartphone, tablet atau PC semuanya bisa tersimpan pada cloud dan tersinkron dengan baik. Windows 8 juga hadir dengan fitur Cloud Services untuk teknologi tersebut.
22. Picture Password
Picture Password adalah fitur terbaru Windows 8 yang belum ada di Windows sebelumnya. Dengan fitur ini kita bisa menciptakan password berupa dari pola sentuhan pada gambar. Tapi fitur ini hanya cocok untuk layar sentuh.
23. Windows To Go
Fitur Windows To Go berfungsi untuk membuat bootable USB Drive yang bisa dipakai untuk booting Windows.
24. Smart Screen
Smart Screen adalah fitur Windows 8 untuk mencegah user dari mendowload atau menginstall aplikasi yang berbahaya buat PC, misalnya saja aplikasi tersebut terinfeksi malware.
25. Updated Windows Explorer
Sejak zaman Windows 95 sampai Windows XP, windows explorer tidak terlalu banyak perubahan. Saat di Windows 7 ada perubahan tapi Windows 8, Windows Explorer kini hadir dengan tampilan yang lebih fresh dan ribbon Style.
26. Windows Defender
Windows Defender adalah aplikasi AntiVirus bawaan Windows untuk menangani malware dan virus. Teknologi yang dipakai Windows Defender sama dengan teknologi Microsoft Security Essential. Windows Defender akan menon-aktifkan dirinya apabila user menginstall antivirus lainnya.
27. File History
File History adalah fitur terbaru Windows 8 yang berfungsi untuk backup file secara otomatis. Fitur ini untuk melindungi data user apabila terjadi masalah pada system. Setiap kali terjadi perubahan pada file di Dekstop, My Document, Contact dan sebagainya, maka sistem akan otomatis mengcopy file tersebut ke lokasi tertentu. User bisa menentukan lokasi tersebut sesuai keinginan, bisa ke harddisk external atau server lain.
28. Hyper V
Hyper V adalah fitur Windows 8 terbaru untuk virtualisasi, fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Virtual PC
E. KEKURANGAN WINDOWS 8
1. Jika anda mempunyai banyak aplikasi maka Start Screen pada Windows 8 akan sembrawut karena Devoloper tidak bisa mengganti Tiles pada Start Screen dengan Icons.
2. Sulit berpindah aplikasi mungkin anda akan menganggap sepeleh hal mendrag Aplikasi namun jika menggunakan Aplikasi dengan jumlah yang banyak akan sangat mengganggu.
3. Metro yang menjadi pusat perhatian banyak orang menjadi masalah karena Jika install Windows 8 pada PC maka anda akan merasa aneh,karena fitur touch screen yang ada ditablet akan muncul Di PC.
4. Konten Flash pada Windows 8 tidak bisa berjalan pada Tablet mungkin Microsoft akan menjaga rahasia Source Code agar tidak dapat dibongkar.
F. PERBEDAAN WINDOWS 7 DENGAN WINDOWS 8
1. Tidak Ada Start Button – Metro UI
Bila Anda tidak menyukai Start Button pada Windows versi-versi yang sebelumnya, secara default pada Windows 8 Start Button telah dihilangkan dan digantikan dengan Metro UI (User Interface). Tapi tenang saja, bila Anda keberatan Microsoft mengatakan bahwa akan disediakan cara untuk mengembalikan desktop kembali seperti biasa seperti Windows versi sebelumnya walaupun tetap secara default, UI-nya tetap akan diset baru.
2. Task Manager yang Lebih Sederhana
Mungkin Anda sering melihat tabs yang ada dalam Task Manager, mungkin biasanya yang sering dilihat hanya Applications dan Processes. Di Windows 8, Task Manager hanya akan seperti ini:
Hanya sebuah list aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan dapat dihentikan dengan sekali klik. Untuk melihat bagian processes cukup klik More details dan Anda akan dapat melihat seperti ini:
3. Perubahan pada Move, Rename, Copy, dan Delete
Bila Anda melakukan copy file apapun, baik satu file maupun banyak file, semua info akan digabungkan menjadi satu kotak dialog. Jadi bila Anda melakukan 5 proses copy yang terpisah, Anda tidak akan melihat 5 kotak dialog seperti biasanya. Selain itu, Anda juga mendapatkan fitur pause. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.
Bila Anda klik More details, Anda akan dapat melihat kecepatan dan banyaknya data yang sedang di-copy.
4. Windows Explorer Baru
Windows Explorer yang sekarang pun akan menggunakan ribbon interface seperti yang mungkin sering Anda lihat pada Office 2007 dan 2010. Seperti inilah tampilannya:
5. Startup Cepat
Lamanya booting sering menjadi permasalahan dalam Windows. Di dalam Windows 8 ada sebuah mode startup yang cepat. Mungkin hal ini seperti melakukan restart pada komputer namun tanpa merestart sepenuhnya. Anda tetap akan melihat sesi baru di mana semua aplikasi telah tertutup seperti restart biasa tapi dengan menggunakan waktu yang jauh lebih sedikit.
6. Browsing Bebas Plugin
Internet Explorer (IE) 10 memiliki perubahan user interface yang cukup signifikan dan juga mengubah pola Anda melakukan browsing. IE 10 lebih menggunakan HTML 5 dibandingkan dengan plugin dan secara default akan berjalan tanpa plugin. Bila Anda membutuhkan sesuatu seperti Adobe Flash untuk membuka sebuah halaman, Anda dapat mengubahnya ke tampilan “desktop”.
7. Booting Lebih Baik
Pada Windows versi-versi sebelumnya bila Anda melakukan booting dengan opsi advanced tampilannya akan sangat membosankan, tampak sama seperti DOS command prompt. Tampilan booting sekarang sangat cantik. Anda akan melihat tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan pengaturan.
8. Sign In dengan Windows Live ID
Pada Windows 8, Anda dapat melakukan sign in dengan Windows Live. Dengan integrasi SkyDrive, sekarang Anda dapat sign in dengan Windows Live dan mendapatkan file, pengaturan, aplikasi, dan lain-lain yang tersimpan. Anda dapat masuk ke Windows 8 pada mesin yang lain.
Fitur ini juga akan menyimpan semua favorites di IE, wallpaper desktop, dan lain-lain. Anda dapat membeli tempat penyimpanan ekstra dan menyimpan file-file Anda pada SkyDrive dan mengaksesnya secara online dengan menggunakan mobile device seperti iPad, Iphone, dan Android.
9. Refresh dan Reset
Ada dua fitur baru pada Windows 8 yaitu opsi refresh dan reset. Reset akan membuang semua data personal, aplikasi, dan pengaturan kemudian menginstall ulang Windows. Refresh akan menyimpan semua data, aplikasi, dan pengaturan, kemudian menginstall ulang Windows. Pada Windows versi sebelumnya, akan cukup sulit untuk menginstall ulang Windows tanpa menghapus semua personal data. Opsi ini pun dapat digunakan saat booting sehingga bila Anda mengalami masalah dalam booting, Anda tetap dapat menggunakan fitur ini.
10. Scaling untuk Ukuran Layar yang Berbeda-Beda
Windows 8 memungkinkan Anda untuk melakukan scaling atau pengubahan ukuran ke resolusi layar, ukuran layar, dan densitas pixel yang berbeda. Anda dapat menggunakan Windows 8 di berbagai tempat mulai dari Windows phone sampai kepada layar 30 inchi dengan resolusi 2560×1600. Sebagian besar aplikasi Windows 8 akan didesain untuk secara otomatis mengatur dirinya sendiri di berbagai ukuran layar dan menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit konten berdasarkan ukuran.
Gambar dibawah ini juga bisa digunakan untuk mengetahui perbedaan yang lain dari windows 7 dengan windows 8 :
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh. Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.
Kemudian dari beberapa jenis versi edisi dari windows 8 juga mempunyai beberapa perbedaan yang cukup berfariasi sehingga kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kita.tetapi dari windows 8 sendiri mempunyai beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang bisa kita pelajari ketika kita ingin mengaupdate dari windows 7 ke windows 8 agar nantinya kita tidak ragu-ragu dalam menetapkan mana sistem operasi yang mendukung proses kinerja kita.
B. Saran dan Kritik
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul Makalah ini.
Penulis banyak berharap kepada bapak dosen mata kuliah Sistem Operasi Komputer memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya Makalah ini yang berjudul “Windows 8”. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para saudara saudari semua .
DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment

Jasa Instal Ulang

Di daerah Bandung deket Gazibu depan Pusdai Hanya 50 Ribu full sama software yang di mau +Driver tambah 25 Ribu (Quota Mahal Bro). Bisa Hubungi saya di ChatBox di kanan blog atau Facebook, No : 083822457942 dan Twitter